Satbrimob : Pam May Day

Comments Off on Satbrimob : Pam May Day

SATBRIMOB POLDA JATIM
“ AMANKAN MAY DAY “

Surabaya. Berawal dari suatu peristiwa kerusuhan Haymarket antara komunitas buruh dengan pihak kepolisian yang terjadi pada bulan Mei 1886 di Chicago-Amerika Serikat sehingga mengakibatkan banyak korban jiwa kemudian oleh dunia internasional terjadinya peristiwa tersebut ditetapkan sebagai  asal usul lahirnya perayaan Hari Buruh Internasional / May Day.

Dalam rangka memperingati hari buruh internasional, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, hari Kamis tanggal 01 Mei 2014, anggota jajaran Satbrimob Polda Jatim dipimpin Kasatbrimob Polda Jatim Kombes Pol. Drs. Rudi Kristantyo, M.M melaksanakan tugas pengamanan aksi unjuk rasa hari buruh di beberapa tempat di provinsi Jawa timur.

Untuk wilayah Surabaya, ploting pasukan Brimob disebar di beberapa tempat yang dimungkinkan oleh para demonstran untuk dijadikan titik demonstrasi, diantaranya kantor Gubernur, Gedung DPRD TK I, Gedung Negara Grahadi, dan kawasan industri SIER( Surabaya Industrial Estate Rungkut ).

Di samping itu personel Brimob juga menjaga sejumlah tempat diantaranya kawasan PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang), NIP (Ngoro Industrial Pasuruan), Paiton, dan sentra-sentra industri lainnya di Jatim.

Sedangkan dalam pelaksanaannya ribuan buruh dari beragam daerah dan asosiasi berunjuk rasa memperingati May Day terpusat di Gedung Negara Grahadi dengan tuntutan aspirasi adalah menuntut laksanakan reforma agraria sejati, nasionalisasi aset vital dibawah kontrol rakyat, penghapusan sistem kerja kontrak, adili pelanggar HAM, dsb

Di sela pengamanan aksi unjuk rasa tersebut, Gubernur Jatim Soekarwo didampingi Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Unggung Cahyono beserta para Pangkotama meninjau secara langsung pelaksanaan aksi unjuk rasa.

Kegiatan unjuk rasa berjalan dengan damai dan tertib setelah dicapai kesepakatan antara Gubernur Jawa Timur dengan massa kaum buruh terkait tentang tuntutan yang disampaikan.

Selanjutnya massa secara berangsur-angsur meninggalkan Gedung Negara Grahadi dan seluruh pasukan melaksanakan apel konsolildasi untuk kembali ke Mako kesatuan masing-masing.

( Tekkom Brimob Jatim )


Comments are closed.