Satbrimob : Kunjungan Wakakorbrimob

Comments Off

WAKAKORBRIMOB POLRI LANTIK SISWA BRIGADIR BRIMOB POLRI

DI PUSDIK BRIMOB WATUKOSEK


Sidoarjo. Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat  Tuhan YME pada hari ini Senin tanggal 4 Oktober 2010, telah dilaksanakan upacara penutupan dan pelantikan serta pengambilan sumpah brigadir Polri T.A. 2010, yang serentak di selenggarakan di beberapa tempat : di Pusdik Brimob, Pusdik Gasum, Pusdik Pol Air, Sepolwan, SPN Betung Polda Sulsel, SPN Banjar baru Polda Kalsel, SPN Batua Polda Sulsel, dan SPN Labuan Panimba Polda Sulteng.

Khusus untuk di Pusdik Reskrim pelaksanaan penutupan dan pelantikan  siswa akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2010.

Dengan dilantiknya para brigadir ini, berarti Polri telah menambah kekuatan personilnya sebanyak 3000 orang yang terdiri 325 personil Polwan, 200 personil Brimob, 300 personil Pol Air, 1575 personil polisi tugas umum, 300 personil polisi perbatasan pulau terluar dan 300 personil polisi Reskrim.

Lulusan para brigadir ini akan melaksanakan tugas sesuai dengan latar belakang pendidikannya, sehingga kinerja yang ditampilkan dapat lebih optimal.

Proses pendidikan pembentukan brigadir Polri ini telah dilaksanakan selama 7 bulan dengan melalui proses internalisasi pengetahuan, ketrampilan serta etika profesi kepolisian yang akan menjadi bekal dalam melaksakan tugas pengabdian yang terbaik kepada masyarakat, sekaligus di harapkan mampu merubah dan membentuk kultur dan mindset sebagai pelindung dan pelayan masyarakat.

Upacara penutupan dan pelantikan serta pengambilan sumpah 200 personil Brigadir Brimob Polri T.A. 2010 yang di laksanakan di Pusdik Brimob Watukosek ini, di pimpin langsung oleh Waka korbrimob Polri Brigjen Pol. Drs. Syarief Gunawan dan dihadiri oleh para pejabat utama, diantaranya : Kapuslat Korbrimob Polri Kombes Pol. Ir. Moch Arifin, Kapusdik Brimob Kombes Pol. Drs. Irwanto , Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol. Drs Restu M. Budyanto, para tenaga pendidik, para perwira dari Pusdik maupun Satbrimob Polda Jatim,  Bhayangkari , serta orang tua siswa dan undangan lainnya.

Pada  kesempatan tersebut terpilih 3 siswa peraih nilai tertinggi katagori siswa cendikia, siswa tertabah, dan siswa trengginas.  Untuk Nilai tertinggi dari siswa cendikia diraih oleh Andry Eka Paksi Syahputra asal pengiriman Polda Sulsel, nilai siswa tertabah diraih oleh Ahmad Ridho Syayidas Suhur asal Pengiriman Polda Jatim, nilai Siswa Trengginas diraih oleh La Roni asal pengiriman Polda Sultra.

Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan oleh inspektur upacara Wakakorbrimob Polri,  menekankan :

Pertama : Tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan pengabdian selaku bhayangkara Negara dengan menjadikan tugas sebagai amanah yang harus dijalankan secara tulus dan ikhlas dalam rangka ibadah.

Kedua : Pahami dan hayati serta amalkan nilai TRI BRATA dan CATUR PRASETYA sebagai pedoman hidup dan pedoman kerja insan bhayangkara dalam menjalankan tugas, dengan senantiasa menghormati dan menjunjung tinggi HAM.

Ketiga : Laksanakan tugas dan tanggung jawab serta kewenangan yang di berikan kepada Negara secara tegas dan humanis, dilandasi dengan kesadaran, keberadaan Polri ditengah masyarakat harus dapat memberikan rasa aman dan rasa tentram.

Keempat : Jangan pernah berpuas diri dengan penyampaian kinerja, tingkatkan selalu kemampuan dan ketrampilan untuk mengimbangi kemajuan dan dinamika masyarakat yang selalu berkembang dengan cepat.

Kelima : Tampilkan keteladanan sebagai Rasta Sewa Kotama dengan senantiasa menjunjung tinggi hukum, etika profesi dan nilai-nilai moralitas yang termanifestasikan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik dalam kedinasan maupun diluar kedinasan.

Keenam : Jadilah motor penggerak perubahan yang saat ini sedang berlangsung dalam organisasi polri, sehingga kehadiran kalian akan dapat dirasakan positif, baik oleh organisasi Polri maupun masyarakat.

Selesai upacara penutupan dilanjutkan peragaan oleh para brigadir remaja yang meliputi peragaan kolone senapan, beladiri, halang rintang, wanteror dan SAR yang mendapatkan applause meriah dari seluruh penonton dan tamu undangan.

Acara penutupan dan pelantikan Brigadir Polri T.A. 2010 telah selesai pada pukul 11.30 wib.  Selanjutnya seluruh perwira Brimob baik dari Pusdik Brimob maupun dari Satbrimob Polda Jatim mengikuti arahan pimpinan bertempat di Gedung Sumarto yang dipimpin langsung oleh Wakakorbrimob Polri Brigjen Pol. Drs. Syarief Gunawan yang didampingi Kapuslat Korbrimob Polri Kombes Pol. Ir.  Moch. Arifin , Kapusdik Brimob  Kombes Pol. Drs. Irwanto dan Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol. Drs. Restu M. Budyanto.

( MW.PPID Brimob Jatim )


Comments are closed.